Jenis: Permainan tanpa alat
Usia: 5-10, tetapi juga juga untuk rermaja bahkan orang tua
Jumlah pemain: paling tidak 4, semakin banyak semakin ramai
Buatlah lingkaran dengan beberapa garis diameter seperti pada gambar. Dan buatlah sebuah area di luar lingkaran tersebut yang akan digunakan sebagai sarang serigala. Di tengah-tengah lingkaran besar tersebut, pada bagian pertemuan garis diameter, buatlah sebuah lingkaran kecil, sebagai zoma perlindungan.
Pilih satu anak untuk menjadi serigala, dan semua anak yang lain menjadi angsa. Serigala mengejar angsa-angsa dan baik serigala maupun angsa hanya boleh berlari pada garis yang ada, baik garis keliling lingkaran maupun garis diamater. Mereka juga tidak boleh melakukan lompatan ke garis lainnya dan harus mengikuti garis yang ada.
Sebelum permainan dimulai, serigala mengambil posisi di sarang serigala. Ketika aba-aba mulai diberikan, maka serigala langsung mengejar angsa-angsa yang ada. Angsa boleh menuju ke zona perlindungan dan angsa yang berada di dalam zona perlindungan tidak boleh diganggu oleh serigala. Kalau jumlah pemain sedikit, maka bisa ditentukan bahwa jumlah angsa yang boleh berada di zona perlindungan hanya 1 (satu). Artinya, kalau ada angsa lain lari dan masuk ke dalam zona perlindungan, maka angsa yang sebelumnya berada di zona perlindungan harus lari keluar dari zona perlindungan dan boleh dikejar kembali oleh serigala. Kalau jumlah pemain banyak, bisa ditentukan jumlah angsa yang boleh berlindung di zona perlindungan, misalnya 3 (tiga). Artinya, kalau ada angsa baru yang masuk ke dalam zona perlindungan, maka angsa yang paling lama sudah berada di zona tersebut harus lari meninggalkan zona perlindungan.
Angsa yang berhasil dikejar dan disentuh serigala, harus masuk ke sarang serigala. Angsa terakhir yang tertangkap akan menggantikan serigala.
Catatan:
Kalau angsa lari di luar garis, ia dianggap tertangkap. Atau kalau angsa yang berada di zona perlindungan tidak segera lari padahal sudah ada angsa baru yang masuk ke dalam zona perlindungan, ia juga dianggap tertangkap.
Variasi yang bisa dilakukan:
Setiap kali seekor angsa tertangkap serigala, ia berperan menggantikan serigala dan serigala berubah peran menjadi angsa. Serigala baru harus terlebih dahulu menuju sarang serigala sebelum permainan dilanjutkan dengan ditandai aba-aba mulai.
Juga bisa ditambahkan aturan bahwa seekor angsa hanya boleh berlindung di zona perlindungan sebanyak 2 kali, misalnya.
Permainan Patung
Pemburu dan Penjaga
Permainan Limbo Air
Datanglah Mendekat
0 Response to "Serigala dan Angsa"
Posting Komentar