Latest Updates

Permainan Putar Balik

Permainan Putar Balik

Permainan Putar Balik
Jenis: Permainan tanpa alat
Kelompok usia: anak usia 5-7 tahun


Persiapan
Bagilah anak-anak ke dalam dua kelompok, dan bariskan mereka ke belakang. Beri jarak antar-kelompok supaya tidak terlalu berdekatan. Lebih kurang 20 m dari situ, berilah dua tanda yang lurus dengan baris kelompok masing-masing.

Jalannya permainan
  • Ketika pendamping berseru, “Siap”, maka anak-anak yang berada di posisi terdepan pada baris masing-masing  menghadap ke kiri dan bersiap berlari.
  • Kemudian pendamping member aba-aba mulai, dan kedua anak tersebut secepatnya berlari ke arah titik yang telah ditentukan. Sampai di situ mereka harus mengelilinginya, lalu kembali ke tempat semula dan segera duduk.
  • Anak yang lebih dulu duduk di tempat semula memperoleh nilai 1 poin.
  • Kemudian, permainan dilanjutkan seperti tadi. Anak di urutan berikutnya menghadap ke kiri dan bersiap ketika pendamping berseru, “Siap” dan segera berlari ketika aba-aba mulai.
  • Permainan diteruskan sampai semua anak mendapat giliran. Lalu poin kelompok masing-masing dihitung. Kelompok yang paling banyak memperoleh poin menjadi pemenangnya.


Catatan dan Saran: Permainan ini diperuntukkan untuk anak usia 5-7 tahun. Tapi tampaknya juga masih asyik untuk dimainkan oleh anak-anak yang lebih besar atau bahkan untuk orang dewasa. Permainan ini tidak memerlukan alat khusus atau jika ada, alat itu tidak berperan penting dan dapat ditiadakan. Di sini ada beberapa permainan yang merupakan bermain peran, maka ajaklah anak-anak untuk berkhayal dalam bermain. Akan lebih baik lagi jika pendamping memberikan pengantar cerita pendek sebelum masuk ke dalam permainan. Saat kali pertama bermain, pendamping boleh memberikan contoh dan terlibat sebagai pemain. Jika anak-anak sudah bisa memainkannya dan mengerti aturan permainannya, pendamping bisa mengawasi jalannya permainan. Usahakan untuk tidak terlalu mencampuri jalannya permainan dengan interupsi atau teguran. Pendamping bisa mencampuri jika berhubungan dengan keamanan anak atau jika terjadi pertengkaran besar. Pujilah anak-anak jika mereka sungguh-sungguh mau terlibat dan dapat menyelesaikan permainan secara sportif.



Judul: Mari Bermain Permainan Kelompok untuk Anak,
Penulis: Dwijawiyata,
Penerbit: Penerbit Kanisius
Tahun terbit: 2013Buku ini dibahasakan ulang dari buku Mari Bermain 1, Mari Bermain 2, dan Mari Bermain 3 karangan Dwijawiyata, 1975, oleh Regina Stela MPE.
Editor: C. Erni Setiyowati
Ilustrator: Imam Maliki, Hernawan
Desainer Isi: Marini
Desainer Cover: Hermanus Yudi

Beli buku ini? Klik di sini!



Lihat permainan yang lain:
Srigala dan Domba
Menggoda Kera
Permainan Kucing dan Tikus

 




0 Response to "Permainan Putar Balik"

Posting Komentar

Total Pageviews

aktivitas pembuka kelas bahasa Inggris anak angin bahasa Inggris bangau bebek angsa berlari binatang berlomba bola brainstorming bunga burung C. Erni Setiyowati closing game counting datanglah mendekat dinamika kelompok domba Dwijawiyata english classroom expression finger painting Five sit flipchart gua raksasa Happy - jump game harimau Hermanus Yudi ice-breaker activity Imam Maliki indoor activity introduction kancil katak kejar kejar-kejaran kelompok kera komunikasi kucing lampu merah lampu hijau learning lempar bola limbo air lingkaran lingkaran beracun lomba lari main activity game Martin Handoko memberi salam memecahkan masalah menembak menemukan bendera menendang kaleng mengganggu anjing menghasilkan ide menjala ikan merah merah putih meriam penjebol benteng My Body Train My Photo outdoor activity pemburu dan penjaga pencuri Penerbit Kanisius pengungsi penjaga sawah perkenalan permainan Permainan Meniti Bangku permainan air permainan anak Permainan Berlomba Kelereng Permainan Bola Berkejar-Kejaran permainan bola berlomba Permainan Botol Tumbang Permainan Cerita Bersambung permainan clap three times Permainan Datang dan Pergi permainan dengan alat permainan dewasa Permainan Feeling line up permainan Find me Permainan Ibu Berkata permainan kelompok permainan keluarga permainan lakukan yang dikatakan Permainan Lingkaran Setan Permainan Lomba Mengambil Balok Permainan Lomba Pacuan Kuda Permainan Mata Angin Permainan Membilang Permainan Memburu Bola Permainan Menembak Kaleng Permainan Menerka Jarak Permainan Menerka Lagu Permainan Mengirimkan Telegram Permainan Mengumpulkan Barang Permainan Menirukan Orang Bekerja Permainan Menurut Perintah permainan merah putih Permainan Merebut Bola Permainan Orang Buta permainan pancaindra permainan patung permainan penutup permainan putar balik permainan remaja Permainan Siapa cepat Dia Mendapat permainan tanpa alat Permainan Tuliskan Namamu permainan untuk training permainan usia 10-12 tahun permainan usia 4-6 tahun permainan usia 5-7 tahun permainan usia s.d. 5 tahun petak umpet please! polisi putih raja bola Regina Stela MPE sentuh serigala serigala dan angsa siapa sigap menangkap sinergi spidol suara binatang tali tangkap bola tarian tepuk bahu Theo Riyanto tikus timpang beradu ular sawah warming up game Watch Me! game