Jenis: Permainan tanpa alat
Kelompok usia: anak usia 5-7 tahun
Persiapan:
Bagilah anak-anak dalam dua kelompok, tiap kelompok dibagi menjadi 2 kelompok lagi. Mintalah anak-anak menentukan nama kelompok mereka masing-masing. Misalnya, kelompok pertama dengan nama buah (misalnya pisang dan salak), dan kelompok kedua dengan nama sayuran (misalnya kol dan kecambah_. Lalu tempatkanlah kedua kelompok tersebut berdiri berseberangan.
Jalannya permainan:
- Pada aba-aba mulai, kelompok pisang mendekati kelompok kol.
- Sementara itu, kelompok kol mengulurkan tangan dan siap mengejar.
- Secara tiba-tiba, kelompok pisang menyentuh tangan kelompok kol dan segera berlari ke tempat semula.
- Pada saat yang sama, kelompok kol mengejar kelompok pisang tetapi hanya sampai ke tengah area, dan kelompok pisang harus berusaha tidak tersentuh oleh kelompok kol.
- Setelah semua kembali, mintalah anak-anak menghitung jumlah pisang yang tersentuh.
- Kelompok pisang bertukar tempat dengan kelompok salak, sedangkan kelompok kol bertukar tempat dengan kelompok kecambah. Lalu permainan dimulai lagi.
- Kelompok yang anggotanya hanya sedikit tersentuh, itulah yang menjadi pemenang.
- Permainan dapat dilanjutkan lagi dengan bertukar peran. Kol mendekati pisang, dan pisang mengejar. Begitu juga, kelompok kecambah mendekati kelompok salak, dan kelompok salak mengejar kelompok kecambah.
Catatan:
- Nama kelompok dapat disesuaikan dengan tema pelajaran.
- Berilah jarak 1 m antaranak supaya anak lebih leluasa ketika berlari.
Catatan dan Saran: Permainan ini diperuntukkan untuk anak usia 5-7 tahun. Tapi tampaknya juga masih asyik untuk dimainkan oleh anak-anak yang lebih besar atau bahkan untuk orang dewasa. Permainan ini tidak memerlukan alat khusus atau jika ada, alat itu tidak berperan penting dan dapat ditiadakan. Di sini ada beberapa permainan yang merupakan bermain peran, maka ajaklah anak-anak untuk berkhayal dalam bermain. Akan lebih baik lagi jika pendamping memberikan pengantar cerita pendek sebelum masuk ke dalam permainan. Saat kali pertama bermain, pendamping boleh memberikan contoh dan terlibat sebagai pemain. Jika anak-anak sudah bisa memainkannya dan mengerti aturan permainannya, pendamping bisa mengawasi jalannya permainan. Usahakan untuk tidak terlalu mencampuri jalannya permainan dengan interupsi atau teguran. Pendamping bisa mencampuri jika berhubungan dengan keamanan anak atau jika terjadi pertengkaran besar. Pujilah anak-anak jika mereka sungguh-sungguh mau terlibat dan dapat menyelesaikan permainan secara sportif.
Judul: Mari Bermain Permainan Kelompok untuk Anak,
Penulis: Dwijawiyata,
Penerbit: Penerbit Kanisius
Tahun terbit: 2013Buku ini dibahasakan ulang dari buku Mari Bermain 1, Mari Bermain 2, dan Mari Bermain 3 karangan Dwijawiyata, 1975, oleh Regina Stela MPE.
Editor: C. Erni Setiyowati
Ilustrator: Imam Maliki, Hernawan
Desainer Isi: Marini
Desainer Cover: Hermanus Yudi
Beli buku ini? Klik di sini!
Lihat permainan yang lain:
Srigala dan Domba
Menggoda Kera
Permainan Kucing dan Tikus
0 Response to "Permainan Sentuh Kejar"
Posting Komentar